Thursday, November 15, 2012

Samsung Naikkan Harga Komponen ke Apple?


KOMPAS.com?? Di tengah sengketa Apple-Samsung yang terus berlanjut, muncul kabar bahwa Samsung telah menaikkan harga komponen application processor (AP) yang disalurkan ke Apple sehingga lebih mahal 20 persen. Apakah ini berhubungan langsung dengan perseteruan keduanya?

"Awalnya Apple tidak setuju, tetapi karena tidak ada alternatif penyedia komponen lain, akhirnya mereka menerima kenaikan harga itu," ujar seorang sumber anonim yang mengetahui masalah ini seperti dikutip Venture Beat dari harian Korea Chosun Ilbo.

Apple dan Samsung adalah dua saingan berat dalam industri perangkat mobile yang tengah berkembang pesat. Dua perusahaan ini terlibat sengketa paten di beberapa negara terkait tuduhan Apple soal pelanggaran hak kekayaan intelektualnya oleh Samsung.

Belakangan, persaingan tersebut melebar dan turut melibatkan Samsung Electronics yang merupakan penyalur komponen-komponen penting yang digunakan di gadget Apple.

Prosesor A5 dan A6 yang dipakai di iPhone dan iPad, misalnya, dipasok oleh Samsung. Tahun lalu, volume pembelian komponen chip tersebut oleh Apple diperkirakan mencapai 130 juta unit. Tahun ini, angkanya diperkirakan naik menjadi 200 juta unit.

Samsung Electronics memiliki kontrak jangka panjang untuk memasok komponen chip ke Apple hingga 2014 mendatang.

Sebelumnya, Apple sendiri pernah dikabarkan tengah berusaha mengurangi ketergantungan pasokan komponen dari Samsung.

Source: http://tekno.kompas.com/read/2012/11/15/12294065/Samsung.Naikkan.Harga.Komponen.ke.Apple

god bless america earned income credit super bowl commercials florida primary 2012 super bowl matthew broderick tax refund calculator

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.